Menuju Pelayanan Mahasiswa Yang Semakin Baik

PROFIL BAKP

STRUKTUR ORGANISASI



MOTTO BAKP :

Bersama BAKP kita ciptakan pelayanan “SAINS" (Senyum, Aktif, Inovatif, Nyaman dan Santun)

VISI DAN MISI

VISI
“Menjadikan pusat pelayanan administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan yang profesional, transparan dan akuntabel untuk mendukung Universitas Tadulako pada tahun 2020 unggul dalam pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan pendidikan dan penelitian”

MISI
Misi BAKP Universitas Tadulako sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan administrasi akademik  dan evaluasi yang profesional, transparan dan akuntabel;
  2. Menyelengarakan administrasi perencanaan dan Sistem Informasi yang profesional, efektif dan efesien;
  3. Menyelenggarakan administrasi kemahasiswaan dan informasi kemahasiswaan yang profesional;
  4. Mengembangkan kapabilitas dan kompetensi SDM dalam rangka menciptakan profesionalisme di bidang akademik,    kemahasiswaan dan perencanaan.

Rincian Tugas


BIRO AKADEMIK, KEMAHASISWAAN, DAN PERENCANAAN

Pasal 1
Rincian tugas Bagian Akademik dan Kerjasama:
  • melaksanakan penyusunan program kerja Bagian;
  • melaksanakan analisis data di bidang akademik dan Kerjasama;
  • melaksanakan penyusunan kalender akademik;
  • melaksanakan urusan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
  • melaksanakan penyiapan penyelenggaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar, dan pertemuan ilmiah lainnya;
  • melaksanakan administrasi perkuliahan dan ujian;m
  • melaksanakan administrasi kerjasama;
  • melaksanakan administrasi tugas belajar dosen;
  • melaksanakan administrasi kelulusan mahasiswa;
  • melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pendidikan;
  • melaksanakan pemrosesan pemberian ijin penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  • melaksanakan evaluasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  • melaksanakan administrasi alumni;
  • melaksanakan penyusunan statistik mahasiswa;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik dan kerjasama;
  • melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan
  • melaksanakan penyusunan laporan Bagian.

Pasal 2
Rincian tugas Subbagian Akademik dan Evaluasi:
  • melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
  • melakukan penyusunan instrumen monitoring dan evaluasi pendidikan;
  • melakukan pengumpulan dan pengolahan data akademik;
  • melakukan penyajian data hasil monitoring dan evaluasi pendidikan sebagai bahan kebijakan pimpinan;
  • melakukan bahan penyusunan kalender akademik;
  • melakukan administrasi perkuliahan dan ujian;
  • melakukan administrasi tugas belajar dosen;
  • melakukan urusan pemrosesan ijazah;
  • melakukan urusan perpanjangan masa studi dan putus studi akademik;
  • melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa;
  • melakukan pemberian layanan transkrip nilai;
  • melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar/profesor, dan pertemuan ilmiah lainnya;
  • melakukan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pendidikan;
  • melakukan pengaturan penggunaan sarana akademik;
  • melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik;
  • melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  • melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

Pasal 3
Rincian tugas Subbagian Registrasi dan Statistik:
  • melakukan penyusunan program kerja Subbagian;
  • melakukan penyusunan pedoman pelaksanaan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
  • melakukan penerimaan mahasiswa baru;
  • melakukan urusan registrasi mahasiswa;
  • melakukan penyiapan kartu mahasiswa, kartu rencana studi, kartu hasil studi dan pemberian nomor induk mahasiswa;
  • melakukan urusan alih program studi;
  • melakukan urusan cuti akademik mahasiswa;
  • melakukan pemrosesan pindah mahasiswa  dan/atau pengunduran diri mahasiswa;
  • melakukan penyusunan statistik mahasiswa;
  • melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  • melakukan penyusunan laporan Subbagian.

Pasal 4
Rincian Tugas Subbagian Saran Pendidikan :
  • melakukan pengumpulan dan pengolahan data sarana pendidikan;
  • melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana pendidikan;
  • melakukan mengumpulkan, mengelolah dan menganalisis data sarana pendidikan;
  • melakukan penyiapan penyusunan rencana kebutuhan sarana pendidikan;
  • melakukan pemberian layanan dan pendistribusian sarana pendidikan;
  • melakukan pemantauan penggunaan sarana pendidikan;
  • melakukan penyusunan instrumen pemantauan penggunaan sarana pendidikan;
  • melakukan penyusunan bahan evaluasi penggunaan sarana pendidikan;
  • melakukan penyusunan laporan penggunaan dan kondisi sarana pendidikan;
  • melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian;
  • melakukan penyusunan laporan Subbagian.

Pasal 5
Rincian tugas Subbagian Kerja Sama:
  • melakukan penyusunan program kerja Subbagian;
  • melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan kerja sama di lingkungan UNTAD;
  • melakukan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan kerja sama;
  • melakukan penyusunan bahan sosilisasi dan publikasi produk kegiatan Tridharma UNTAD kepada pemangku kepentingan.
  • melakukan penyusunan rencana pengembangan kerja sama;
  • melakukan penyusunan proposal kerja sama;
  • melakukan penyusunan rancangan naskah kerja sama;
  • melakukan administrasi kegiatan kerja sama;
  • melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kerja sama;
  • melakukan penyusunan laporan pelaksanaan kerja sama;
  • melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  • melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

Pasal 6
Rincian Tugas Bagian Kemahasiswaan;

  • melaksanakan penyusunan program kerja Bagian;
  • melaksanakan pengolahan dan analisis data di bidang kemahasiswaan dan alumni;
  • melaksanakan penyusunan rencana kegiatan kemahasiswaan dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
  • melaksanakan urusan pemberian izin/rekomendasi kegiatan dan magang/PKL mahasiswa;
  • melaksanakan urusan pemilihan mahasiswa berprestasi dan teladan;
  • melaksanakan fasilitasi kewirausahaan dan peningkatan keterampilan mahasiswa;
  • melaksanakan urusan pembinaan kegiatan kemahasiswaan;
  • melaksanakan urusan pemberian beasiswa;
  • melaksanakan pelayanan kesehatan mahasiswa;
  • melaksanakan urusan pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
  • melaksanakan fasilitasi jejaring alumni;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan;
  • melaksanakan penyajian data dan informasi kegiatan mahasiswa dan bursa kerja;
  • melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian;
  • melaksanakan penyusunan laporan Bagian.

Pasal 7
Rincian tugas Subbagian Minat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswaan :
  • melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
  • melakukan pengumpulan dan pengolahan data di bidang minat dan penalaran kemahasiswaan;
  • melakukan penyusunan rencana kegiatan kemahasiswaan;
  • melakukan urusan pemilihan mahasiswa berprestasi dan teladan;
  • melakukan fasilitasi kewirausahaan dan keterampilan mahasiswa;
  • melakukan urusan pemberian izin atau rekomendasi kegiatan minat dan penalaran kemahasiswaan di dalam maupun di luar perguruan tinggi;
  • melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan minat dan penalaran mahasiswa;
  • melakukan penyusunan laporan dan penyajian data dan informasi kegiatan kemahasiswaan;
  • melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian;
  • melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

Pasal 8
Rincian tugas Subbagian Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa dan Alumni :
  • melakukan penyusunan program kerja Bagian dan Subbagian;
  • melakukan pengumpulan dan pengolahan data mahasiswa dan alumni;
  • melakukan penyusunan rencana kebutuhan pelayanan kesejahteraan mahasiswa dan alumni;
  • melakukan urusan pemberian beasiswa;
  • melakukan pelayanan kesehatan mahasiswa;
  • melakukan pemberian layanan informasi bursa kerja;
  • melakukan fasilitasi jejaring alumni;
  • melakukan penyusunan rencana pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
  • melakukan urusan pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
  • melakukan urusan pemberian izin/rekomendasi magang/PKL mahasiswa;
  • melakukan fasilitasi peningkatan keterampilan mahasiswa;
  • melakukan pemantauan dan evaluasi pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
  • melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian;
  • melakukan penyusunan laporan Subbagian.

Pasal 9
Rincian tugas Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi :
  • melaksanakan penyusunan program kerja Bagian, program  kerja Biro, dan program kerj;
  • melaksanakan penyusunan bahan kebijakan perencanaan dan kerja sama;
  • melaksanakan penyusunan proyeksi pengembangan, rencana strategis, dan  rencana kinerja;
  • melaksanakan penyusunan satuan biaya kegiatan;
  • melaksanakan analisis terhadap usul program, kegiatan, sasaran, dan anggaran di lingkungan UNTAD;
  • melaksanakan penyusunan rencana, program, kegiatan, sasaran, dan anggaran UNTAD;
  • melaksanakan penyusunan usul penyesuaian program, kegiatan, sasaran, dan anggaran;
  • melaksanakan penyajian data perkembangan pelaksanaan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran;
  • melaksanakan penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta akuntabilitas kinerja;
  • melaksanakan urusan peliputan dan dokumentasi serta penyusunan bahan informasi dan publikasi;
  • melaksanakan penyusunan bahan dan penyiapan penyelenggaraan konfrensi pers dan siaran pers;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan Perencanaan, sistem informasi dan hubungan masyarakat;
  • melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan
  • melaksanakan penyusunan laporan Bagian;
  • melaksanakan penyiapan penyusunan laporan Biro dan laporan UNTAD.

Pasal 10
Rincian tugas Subbagian Perencanaan :
  • melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
  • melakukan penyiapan penyusunan program kerja Biro dan program kerja UNTAD;
  • melakukan penyusunan kebijakan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan rencana, program, dan anggaran UNTAD;
  • melakukan penyiapan penyusunan pedoman perencanaan;
  • melakukan pengumpulan dan pengolahan data;
  • melakukan penyusunan proyeksi pengembangan, rencana strategis, dan rencana kinerja UNTAD;
  • melakukan penyusunan satuan biaya kegiatan UNTAD;
  • melakukan penelaahan usulan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran unit kerja;
  • melakukan penyusunan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran;
  • melakukan penyiapan bahan koordinasi pembahasan rencana, program, dan anggaran;
  • melakukan penyusunan petunjuk operasional kegiatan di lingkungan ;
  • melakukan penelaahan laporan pelaksanaan rencana, program, kegiatan, dan anggaran unit kerja dalam lingkungan UNTAD;
  • melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran dalam lingkungan UNTAD;
  • melakukan penyajian data perkembangan pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran;
  • melakukan urusan penyesuaian program, kegiatan, dan anggaran;
  • melakukan  penyusunan  laporan  pelaksanaan  rencana,  program,  kegiatan, dan anggaran ;
  • melakukan penyusunan laporan akuntabilitas kinerja UNTAD;
  • melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian: dan
  • melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

Pasal 11
Rincian Tugas Subbagian Sistem informasi dan Hubungan Masyarakat :
  • melakukan penyusunan program kerja Subbagian;
  • melakukan penyusunan pedoman teknis pengelolaan sistem informasi;
  • melakukan penyusunan instrumen pengumpulan dan pengolahan data;
  • melakukan pengumpulan data akademik, mahasiswa, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kerja sama, dosen, dan tenaga kependidikan, dan data lainnya di lingkungan Universitas;
  • melakukan pengolahan dan analisis data di lingkungan Universitas;
  • melakukan penyajian data dan informasi;
  • melakukan pengembangan sistem informasi;
  • melakukan pemeliharaan dan pemutakhiran data;
  • melakukan pengelolaan jaringan sistem informasi di lingkungan Universitas;
  • melakukan pengumpulan dan penyajian informasi dari unit kerja di lingkungan Universitas;
  • melakukan pemberian layanan informasi di lingkungan Universitas;
  • melakukan pengumpulan dan kliping berita mass media cetak yang berkaitan dengan UNTAD;
  • melakukan inventarisasi dan penyusunan transkrip berita dari media elektronik yang berkaitan dengan UNTAD;
  • melakukan penyusunan bahan tanggapan terhadap berita yang dimuat mass media cetak dan elektronik;
  • melakukan pengumpulan, penelaahan, dan penyusunan bahan tanggapan terhadap pengaduan masyarakat dan lembaga masyarakat;
  • melakukan urusan publikasi melalui media cetak (leaflet, bulettin, tabloid, newsletter) dan elektronik (radio, tv, web);
  • melakukan penyusunan bahan pelaksanaan konfrensi pers dan teleconference;
  • melakukan urusan promosi dan pameran di dalam maupun di luar Universitas;
  • melakukan evaluasi pelayanan informasi dan hubungan masyarakat;
  • melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian;
  • melakukan penyusunan laporan Subbagian