Menuju Pelayanan Mahasiswa Yang Semakin Baik

Subag Akademik dan Evaluasi

I.    PENDAHULUAN
Salah  satu unit kerja dalam keberadaan Universitas Tadulako adalah Biro Administrasi  Akademik Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi yang secara  structural berada dan bertanggung jawab langsung kepada Rektor Universitas  Tadulako. BAKP sebagai unit structural berada pada eselon 2 yang kemudian  membawahi 3  bagian (eselon 3) serta 8 sub bagian (eselon 4).
Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi adalah salah satu sub bagian yang berada pada bagian pendidikan dan kerjasama. Secara garis besarnya tugas pokok dan fungsi sub bagian pendidikan dan evaluasi dalam pelayanan administrasi akademik adalah menghimpun dan mengkaji peraturan perundang undangan serta memecahkan masalah di bidang pendidikan, mengelola dan menganalisis data kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Tugas pokok dan fungsi ini meliputi seluruh unit yang ada di Universitas Tadulako dan berkaitan dengan unit - unit lain sebagai mitra kerja seperti Fakultas dan lembaga yang ada di Universitas Tadulako. Oleh sebab itu diperlukan tenaga pengelola yang berdedikasi tinggi karena berhubungan langsung dengan pelayanandan kepentingan masyarakat/mahasiswa.

II.    MAKSUD DAN TUJUAN
Standar Operasional Prosedur (SOP) Sub. Bagian Pendidikan dan Evaluasi dimaksudkan untuk :
1. Memberikan informasi kepada masyarakat / mahasiswa tentang simpul layanan yang dilaksanakan pada sub.bagian ini.
2. Memberikan gambaran tentang alur kerja yang harus dilalui dan proses penyusunan suatu hal.
3. Mengedepankan transparansi, sehingga dapat menghindari terjadinya duplikasi usaha atau penyimpangan.

Tujuan standar Operasional Prosedur sub. bagian Pendidikan dan Evaluasi :
1. Sebagai acuan dalam menyusun rencana dan program kerja antar unit secara terpadu.
2. Meningkatkan keserasian dan kesesuaian dalam layanan akademik setiap unit kerja
3. Terlaksananya tugas sub. Bagian ini, sesuai ketentuan dalam Tupoksi.
4. Sebagai bahan untuk evalusi dan penyusunan laporan sub. Bagian.

III.    DEFINISI
    Sub bagian Pendidikan dan Evaluasi adalah salah satu unit kerja yang ada  pada BAKP Universitas Tadulako berdasarkan Kepmen P&K R.I No.99/D/1998. Sub bagian ini mempunyai tugas yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam mengemban tugas pokok dan fungsinya ini, sub. bagian Pendidikan dan Evaluasi tidak terlepas dengan unit lain dalam lingkungan Universitas Tadulako sebagai suatu sitem pelayanan.
    Dalam system pelayanan ini tergambar adanya alur kerja, pengelola yang melaksanakan  suatu pekerjaan dan rencana kerja yang dijadikan sebagai acuan sehingga sebagai bahan evaluasi pelaksanaan tugas setiap tahun berjalan.