Menuju Pelayanan Mahasiswa Yang Semakin Baik

Subag Registrasi dan Statistik

I. PENDAHULUAN

Seiring dengan perkembangan dan tehnologi yang lebih mengutakan pada layanan publik, maka bidang layanan akademik dalam hal ini sub bagian registrasi dan statistik dituntut untuk lebih profesional di dalam mengembangkan layanan khsususnya kepada mahasiswa yang nantinya akan mendukung perbaikan efisiensi dan efektivitas dalam memanfaatkan sumber daya dan memperkuat proses pengambilan keputusan.
Berkaitan dengan reformasi di bidang akademik maka dituntut untuk dapat menentukan kebijakan, program, dan kegiatan melalui tahapan-tahapan yang merupakan siklus tahunan agar pelaksanaannya tepat sasaran, tepat waktu, efisien, efektif, dan akuntabel. Dalam rangka menjembatani rangkaian kegiatan tersebut perlu disusun Standar Operasional Prosedur (SOP) sub bagian registrasi dan statistik pada bagian pendidikan dan kerjasama BAKP.

II. MAKSUD DAN TUJUAN

Standar Operasional Prosedur sub bagian registrasi dan statistik dimaksudkan untuk :
  1. Memberikan gambaran secara sistematis pengelolaan layanan akademik khususnya kepada calon mahasiswa baru dan mahasiswa terdaftar.
  2. Sebagai bentuk dari proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara periodik (per semester) guna mendapatkan gambaran yang jelas keadaan mahasiswa yang terdaftar setiap tahun akademik.
Standar Operasional Prosedur sub bagian registrasi dan statistik disusun bertujuan untuk :
  1. Sebagai acuan bagi setiap unit kerja dalam menyusun rencana dan program kerja secara terpadu;
  2. Meningkatkan    keserasian    dan kesesuain dalam    layanan akademik setiap unit kerja;
  3. Mewujudkan laporan registrasi dan statistik per semester yang realistis dan akuntabel;
  4. Pembagian peran tanggungjawab yang jelas antar unit kerja.

III. DEFINISI

Registrasi dan Statistik adalah merupakan sub bagian yang berada pada suatu unit kerja yakni Biro Akademik Kemahasiswaan Perencanaan (BAKP) di Universitas Tadulako, dimana di dalam proses melibatkan unit kerja lain dalam menyusun rencana dan program kerja dalam pemberian layanan akademik kepada mahasiswa dan memperhatikan sumber daya yang tersedia. Didalam pelaksanaan layanan akademik diperlukan adanya penyusunan rencana dan program kerja yang akan dijadikan sebagai tolak ukur di dalam menyusun petunjuk pelaksanaan heregistrasi dan registrasi mahasiswa yang nantinya akan disusun sebagai dokumen dan laporan sehingga pelaksanaan heregistrasi dan registrasi mahasiswa pada tahun berjalan dapat terlaksana secara efisien, efektif dan akurat.